Saturday, December 25, 2010

Memilih Raket Tenis




Bingung mau memilih raket tenis? Nah, di bawah ini sedikit tips untuk memilih raket tenis.

Apakah Anda pemula? Jika Anda hanya bermain untuk beberapa hari atau tidak bermain sama sekali, Anda mungkin akan menginginkan sebuah raket murah dengan kepala besar (oversize). Daerah memukul lebih besar mungkin akan membuat lebih mudah bagi Anda untuk memukul bola. Bagi pemula, carila raket yang harganya kurang dari Rp. 1 juta. Nanti kalau sudah mahir, dapat membeli raket yang lebih bagus.

Seberapa besar ukuran head / kepala? Semakin besar kepala (oversize), kekuatan semakin dapat Anda hasilkan. Selain itu, peluang Anda memukul sweet spot akan meningkat karena sweet spot lebih besar. Ini adalah alasan mengapa sebuah raket oversize masuk akal untuk pemula. Tapi seperti Anda meningkatkan dan memperoleh kekuatan dalam ayunan Anda, Anda mungkin akan ingin beralih ke raket tenis dengan kepala yang lebih kecil (mid size), karena akan memberikan kontrol dan manuver yang lebih besar.

Bagaimana berat raket tenis? Mungkin Anda telah berkesan bahwa raket ringan adalah lebih baik. Jika anda mengunjungi toko olah raga, mengambil sebuah raket tenis baru dan terpesona oleh betapa ringan rasanya di tangan Anda saat Anda pegang. Anda mungkin berpikir, "Ini benar-benar akan membuat lebih mudah bagi saya untuk bermain".

Kebenaran berat ringan raket sedikit lebih rumit. Meskipun berlawanan, itu tetap benar bahwa raket tenis ringan sebenarnya dapat tidak membebani tangan anda dibandingkan raket yang lebih berat. Namun, anda harus mengayun raket tenis lebih keras untuk memukul bola hingga mencapai kekuatan yang diinginkan. Ayunan keras anda harus dikontrol supaya akurasinya terjaga. Jika Anda terbiasa dengan raket ringan, tetapi merasakan sakit siku (elbow pain) terus menerus, anda mungkin harus mencari raket yang sedikit lebih berat dan frame lebih besar. Hal ini karena kekuatan pukulan diserap oleh siku secara terus menerus sehingga menyebabkan nyeri sendi siku.

Contoh spesifikasi raket ukuran Oversize :
Nama raket : Wilson Hyper Hammer 5.3
Head Size: 110 sq. in. / 710 sq. cm.
Length: 27.5 inches / 70 cm
Strung Weight: 9oz / 255g
Balance: 8 pts Head Heavy
Swingweight: 301
Stiffness: 70
Beam Width: 28 mm/25 mm Dual Taper Beam
Composition: 15% Hyper Carbon / 85% Graphite
Power Level: Medium
Swing Speed: Moderate-Fast
Grip Type: Cushion Aire Conform Grip
String Pattern: 16 Mains / 20 Crosses
Mains skip: 7T,9T,7H,9H
String Tension: 53-63 pounds

No comments:

Post a Comment